Mencoba menarik minat beli dengan kebijakan DP minimal

image

Salam sejahtera semuanya.. Semua blogger dan pengamat serta pelaku ekonomi pasti tahu pasar sepeda motor Indonesia sedang melemah. Dan saya sebagai salah satu karyawan perusahaan yang terjun dalam bisnis sepeda motor negara ini pun mendapat kabar dan perintah dari atasan bahwasannya Bank Indonesia mengeluarkan kebijakan proses pembelian sepeda motor secara kredit bisa diproses dengan DP cukup 10% dari harga OTR kendaraan.. Tentunya ini bukan hal yang mengejutkan tapi juga tidak bisa dianggap remeh..
Karna analisa resiko konsumen kredit macet ataupun resiko motor dikembalikan konsumen menjadi semakin besar.. konsumen tidak segan mengembalikan motor karna konsumen tidak terlalu merasa dirugikan apabila dalam kondisi kredit macet karna, uang yang sudah di agunkan tidak terlalu besar nominalnya..

Namun kebijakan ini bukan tanpa pertimbangan terlebih dahulu, mengingat melemahnya pasar yang disebabkan bukan karna kurangnya “minat beli” dari konsumen namun, sekarang kurangnya “daya beli” konsumen..
Bila melihat tipikal konsumen negara kita adalah konsumen yang membeli bukan hanya tentang kebutuhan saja namun, membeli karna gengsi..
Konsumen yang tidak perduli berapa besarnya angsuran atau harga cash kendaraan tersebut apabila merasa mampu maka, tak kan segan menyanggupinya..

Semoga pemerintah kita segera membuat kebijakan-kebijakan yang bisa membuat “daya beli” konsumen Indonesia menjadi kuat kembali..
Karna negara kita mempunyai potensi yang cukup dalam segala hal, tinggal bagaimana mau atau tidaknya pemerintah membuat kebijakan-kebijakan yang bisa membuat segalanya menjadi mungkin.. dan pasar Indonesia menjadi kuat kembali 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s