Honda Ikutan Jual Bebek 150cc, Yamaha Ikutan Jual Ayam Jago 150cc?

image
gambar nyolong dari motoblast

Assalamualaikum.. Salam Sejahtera..
Ketemu lagi dengan artikel ngelantur saya. Setelah sebelumnya saya membuat artikel analisa pada tanggal 23 Agustus 2015 sebelum adanya Spyshoot Yamaha M-Slaz
● Mencoba menganalisa strategi Yamaha untuk menghadapi CB150R – http://wp.me/p4VsaB-h
dan secara tidak sengaja hasilnya Yamaha benar-benar mengeluarkan produk baru di segmen sport 150cc.
Dan kali ini saya mencoba mengajak sobat semua menganalisa apa tindakan dan langkah selanjutnya Yamaha untuk menghadapi bebek baru Honda yang dikabarkan merupakan hasil dari Amati, Tiru dan Modifikasi untuk melawan Jupiter MX 150. Apakah Yamaha akan menyerang kembali dengan mengeluarkan Ayam Jago 150cc sebagai balasan?

Baiklah kita kembali ke pokok tulisan saya. Melihat animo pasar yang merespon dengan baik penjualan Yamaha Jupiter MX 150, tentunya Honda mau ikut juga donk merasakan manisnya kue pasar bebek 150. Tentunya ini adalah hal yang lumrah. Tapi, ini Honda.. Nama besar Honda.. Tentunya Yamaha harus rela berbagi pasar bebek 150cc engan kompetitornya. Ini bukan berarti saya memvonis Yamaha akan kalah market share ya.. Saya hanya menebak, apa langkah Yamaha selanjutnya? Mesin bebek Honda tersebut dikabarkan berkubikasi 150cc DOHC Liquid Cooler. Ini kelas bebek kencang, lupakan fitur dikelas ini apalagi bicara lomba irit.

Pertama, mari kita lihat sejarah lahirnya Jupiter MX 150. Dari lahirnya motor tersebut jelas Yamaha dari awal lebih condong memproduksi bebek murni. Meneruskan bebek Jupiter MX nya yang laris bermain sendirian dipasaran. Walaupun banyak juga bikers yang kecewa dengan keputusan tersebut, tanpa disangka produk tersebut termasuk sukses merebut hati konsumen. Yamaha sepertinya tetap enggan mencangkokkan mesin 150cc SOHC ke ayam jago. Walaupun pada saat itu Sonic 150 belum lahir dan hanya Suzuki Satria FU yang bermain solo di kelasnya.
Kedua, dari pendaftaran kode produksi dan tulisan dua blogger senior Iwanbanaran dan TMCblog, kedua blogger senior tersebut sepertinya memberi petunjuk bahwa, kode-kode misterius tersebut adalah motor-motor sport Yamaha. Disitu saya simpulkan, sepertinya Yamaha serius untuk menggarap produk-produk sport batangan murni mereka. IMHO 😀
Ini saya simpulkan dengan ego saya, bila Honda meluncurkan Bebek 150cc nya untuk berbagi pasar dengan Jupiter MX 150 maka, Yamaha sepertinya belum tergiur untuk berbagi pasar dengan Honda Sonic 150 serta Satria FU 150. Jadi..lupakan dulu angan untuk menunggu Ayam Jago Yamaha akan hadir.. Lebih baik Yamaha tetap membuat pasar/produk baru di kelas sport 150cc. Lebih baik bermain aman dan safety can be fun #eh :mrgreen:

Saya bukannya tidak mau membahas strategi Honda namun, semoga sobat semua setuju dengan pendapat saya, jelas sekali Honda menerapkan sistem Amati, Tiru dan Modifikasi. Yang mungkin filsafah ini bermakna silahkan anda duluan, kami lihat hasil jualan anda dan bila anda berhasil, kami akan menjual produk yang lebih baik lagi. CMIIW 😀
Dan ini bukan berarti Honda pabrikan yang hanya ikut-ikutan, jelas ini salah!!! Honda adalah pionir bebek di Indonesia, bahkan pionir motor 4tak dunia. Sport batangan Honda Tiger pernah menancapkan kukunya di tanah air kita (sorry sedikit lebay). Itu hanya sedikit fakta dari banyaknya sejarah nama besar Honda.
Itulah artikel ngawur saya kali ini.. Jangan percaya saya dan silahkan di caci maki..

Semoga gak kapok baca artikel saya 😆

18 thoughts on “Honda Ikutan Jual Bebek 150cc, Yamaha Ikutan Jual Ayam Jago 150cc?

    1. wakakakak.. kayaknya berat abah.. waktu satria fu sendirian aja malah, lahir jupiter mx 150, apalagi sekarang sudah lahir sonic 150.. udah ada dua “jagoan” di kelas ayam jago.. mending mainin ayam bangkok aja ya kayaknya #eh 😆

      Suka

Tinggalkan Balasan

