Yamaha Vixion Harus Facelift

Assalamualaikum.. Salam Sejahtera..

Sebenarnya Lamik Gemini sudah lama ingin membuat artikel ini bersamaan dengan artikel Mencoba menganalisa strategi Yamaha untuk menghadapi CB150R – http://wp.me/p4VsaB-h
Hingga akhirnya saya putuskan menunda tulisan ini sampai Yamaha mengeluarkan produk baru sport 150 cc selain Vixion.
Namun karena Yamaha Xabre yang ditunggu masih menunggu air ketubannya pecah untuk dilahirkan, tangan ini serasa gatal untuk segera menulisnya.

Pada artikel saya terdahulu pernah saya posting analisa mengapa Motor Yang Banyak Ditunggu Yamaha Xabre dan Suzuki New Satria Sepertinya Meredup – http://wp.me/p4VsaB-24
Bila harus menunggu rilisnya produk baru untuk merombak Vixion, makin banyak kesempatan waktu diberikan kepada kompetitor.
Salah satu prinsip dasar marketing adalah Yamaha ” jangan pernah merasa nyaman“. Agar kasus perebutan tahta kelas matic tidak terulang.

Sebagai biker yang dua kali pernah meminang Yamaha Vixion. Saya mencoba menuangkan keinginan pribadi saya apabila, Yamaha Vixion kembali di facelift.
Namun, saya masih berimajinasi perombakan di sektor penampilan dulu. Saya belum berani berimajinasi Yamaha Vixion mengganti SOHC menjadi DOHC abal abal :mrgreen:
Alasan saya terhadap keraguan tersebut pernah saya tuliskan di artikel terdahulu mungkin inilah alasan Yamaha Vixion belum bisa DOHC – http://wp.me/p4VsaB-1p

* Desain Body Belakang √
Ini yang termasuk membosankan dari Vixion series. Dari New Vixion Lightning hingga bertransformasi menjadi New Vixion Advanced, desain body belakang yang brilian dengan menghilangkan behel besi pegangan belakang ke coakan bodi belakang tanpa, menghilangkan fungsinya. Tapi, jujur saya merasa desainnya mulai membosankan.
Garis desain brilian tersebut saya lihat seperti garis desain Yamaha WR 125 yang murni desain motor garuk tanah.
Bagi saya, desain New Vixion Advanced dengan headlamp, tank shroud, under cowl yang secara keseluruhan tampak proporsional harus terciderai dengan body belakang WR125 yang tidak jelek namun, membosankan.
Semoga Vixion barunya nanti lebih bagus dan mencontek buritan sekeren Yamaha MT-09 namun split seater senyaman CBR150. Lho kok pake desain kompetitor? Gantian dong.. Gimana rasanya kalau dicontek balik.. :mrgreen:

image
Yamaha WR125X

* Warna Deltabox √
Walau semua fungsi rangka itu sama, sama yang saya maksudkan adalah berfungsi sebagai penopang hidup. Namun, mulai dari bahannya sampai bentuknya tetap menjadi bahan pembicaraan dan kebanggaan pemakainya. Bahkan, sampai menjadi perdebatan antara Fans setia suatu merek.
Yang menjadi sorotan saya, disaat sekarang Honda New CB150 pede melabur rangkanya dengan warna terang. Yamaha Vixion justru minder dengan menyembunyikan identitasnya. Rangka kotak (deltabox) malah dilaburi dengan warna gelap. 😆
Mungkin banyak yang suka dengan kamuflase warna gelap tersebut.
Saya hanya menilai sudut pandang sebagai identitas dan pembeda dari suatu produk karena untuk sekarang ini sport 150 cc hanya diisi dua pemain pabrikan yang kebetulan mempunyai ciri khas rangka masing-masing. CMIIW
Jujur saya lebih suka warna deltabox Vixion generasi pertama. Simpel dan tegas memberikan identitasnya sebagai motor Vixion dan bukan motor Vega apalagi Mio. 😆
Lha kok saya protes karena ini kan cuma artikel. Emang ada orang Yamaha yang mau dengar atau melihat tulisan saya? Jawabannya jelas tidak. 🙄

* Knalpot dan Performa √
Untuk knalpot dan performa mungkin gak usah dibahas dulu ya. Yamaha M-Slaz Thailand aja masih copy paste produk sini. 😥

Semoga masuk akal..

Iklan

12 thoughts on “Yamaha Vixion Harus Facelift

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s