Honda Forza Akankah Produksi Lokal Untuk Produk Global

image

foto motorplus-online

Assalamualaikum.. Salam Sejahtera..

Sedang hangat berita di jagat blogsphere akan kemungkinan hadirnya Honda Forza 150 yang membuat Lamik jadi ikutan tertarik menulis artikelnya.

Skutik Honda satu ini sudah terlebih dahulu mengaspal di Eropa. Rilis di Prancis pada tahun 2015. CMIIW
Dengan mesin 4 tak, SOHC kubikasi 125 cc.
Terlahir dengan desain sporty nan agresif, Honda Forza 125 memang difokuskan untuk pasar Eropa. Bila AHM mau memproduksinya dengan kubikasi 150 cc tentunya, Honda Forza 150 memang pantas menjadi lawan tangguh Yamaha N-Max 155.

Yamaha N-Max selama ini bermain sangat aman di kelas skutik Premium Entry Level kelas 150 cc.
Hal ini selain dari spek Yamaha N-Max yang mumpuni, rem ABS, rem cakram ganda dan VVA, sukses penjualannya juga tidak terlepas dari peranan AHM yang seakan enggan “melokalkan” Honda PCX 150.
Dengan sama-sama mengusung kubikasi mesin 4 tak 150 cc, harga jual yang tidak terpaut jauh tentunya bisa jadi Honda PCX 150 akan menjadi lawan berat untuk Yamaha N-Max apabila AHM bisa melokalkan PCX 150.
Dengan perbedaan harga yang terpaut cukup jauh, dengan status PCX 150 sebagai barang import, tentunya pilihan konsumen jatuh pada Yamaha N-Max 155 sebagai best value entry level premium skutik 150 cc. IMHO

Mungkin karna kenyataan itulah, hadirlah persepsi atau berita yang belum saya dapatkan kebenarannya dari media lokal terpercaya akan adanya pernyataan resmi dari pihak Astra Honda Motor untuk menjual Honda Forza 150 di Indonesia.

Berita kehadiran Honda Forza 150 sepertinya mendapat apresiasi yang cukup mengesankan. Baik itu untuk konsumen, media maupun para penggemar merek Honda sendiri.

Pertanyaannya, apabila AHM memproduksi Honda Forza 150 secara lokal, dengan tetap menggunakan nama Honda Forza, apakah nanti produksi lokal dan juga untuk produk global?
Ataukah Honda Forza 150 tidak untuk di ekspor ke daratan Eropa karena disana memberlakukan SIM tahapan berjenjang yang dimulai memakai sepeda motor 125 cc?
Seperti halnya perbedaan antara Honda CBR 125 dengan Honda CBR 150.
Yang tetap memakai nama globalnya yaitu Honda CBR. Namun dengan pasar dan kubikasi berbeda.

Bisa kita lihat contoh langkah yang dilakukan Yamaha Indonesia. Yamaha N-Max buatan lokal diekspor ke Eropa tapi, dengan kubikasi mesin 125 cc.
Atau mungkin nanti AHM tetap memakai platform seperti mesin dan desain yang sama, dengan kubikasi berbeda dan nama yang berbeda pula?

image

Kita tunggu saja kelanjutan beritanya. Untuk saat ini hanya AHM yang tahu pasti tentang kelanjutan dari berita Honda Forza 150.๐Ÿ˜€
Toh apapun nanti namanya, mesinnya dan kubikasinya. Desain skutik entry level premium dari Honda tersebut sepertinya mendapat apresiasi dan animo yang sangat besar.

Semoga masuk akal๐Ÿ˜†

20 thoughts on “Honda Forza Akankah Produksi Lokal Untuk Produk Global

  1. Forza 125 mesinnya sohc 4 valve.
    Nmax 125/150 mesin sohc 4 valve vva.
    Untuk nekan harga mungkin pake mesin vario 150 yg 2 valve. Jadi produk lokal atau regional asean kali. Soalnya forza eropa mesin lebih advance..

    Disukai oleh 1 orang

  2. menurut saya honda forza 125 mahal karena mungkin dibuat di eropa, sedangkan gaji karyawan disana besar otomatis cost production tinggi. mungkin jg harga material disana juga lebih mahal, bandingkan dengan pcx 125 (vietnam) dan nmax 125 (indonesia). jadi harapannya forza 150 tetap 4 valve๐Ÿ˜€

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s