Menjadi Pintar dengan Alat Mengabadikan Moment dan Akses Media Sosial

image

Assalamualaikum.. Salam Sejahtera..

Di era sekarang setiap moment bisa diabadikan dalam bentuk gambar dan video. Jaman teknologi yang semakin canggih serta inovatif menciptakan produk baru yang revolusioner.
Sebuah alat untuk mengabadikan suatu moment seperti kamera, yang dulunya diciptakan khusus sesuai kegunaannya telah bertransformasi menjadi alat multifungsi.
Sekarang hampir tiap telepon seluler dilengkapi dengan fitur kamera.
Sebuah kamera yang dulunya masih sangat konvensional, sekarang kamera diciptakan khusus sesuai kegunaan dan bentuknya.
Seperti halnya kamera drone, CCTV (Closed Circuit Television) dan action camera seperti merek g*pro yang sudah terkenal.

Hasil mengabadikan tangkapan alat tersebut, bisa dengan mudah diunggah ke media sosial.
Dari hal sepele namun alay (berlebihan) hingga hal yang sederhana namun sangat berarti bagi pengunggah ataupun yang melihatnya.

Nah..disinilah saya mengajak sobat semua, termasuk diri saya sendiri betapa pentingnya alat-alat tersebut.
Kecelakaan dan kejahatan yang bisa menimpa siapa saja.
Memang alat tersebut tidak menjamin kita akan terbebas dari kecelakaan dan kejahatan namun, bisa menjadi alat untuk mengabadikannya.

Maaf, bukan bermaksud mengintimidasi ataupun mengajak sobat sependapat dengan pemikiran saya.
Seperti halnya yang sedang menjadi sorotan saat ini tentang Kota Cirebon yang diplot sebagai kota tilang.
Alangkah baiknya berita tersebut diunggah dengan bukti yang kuat.
Misalkan foto atau rekaman saat berita itu terjadi.
Saya tidak mengajak untuk menjebak oknum dengan alat tersebut.
Bukan pula membela si pengunggah. Tapi maaf, dimata saya tidak lebih hanya melampirkan gambar visual kendaraan.
Ada yang lain? Ada petugasnya? Diabadikan saat kejadian?
Jawaban saya sih TIDAK.

Disini saya tidak ingin membela petugas ataupun menyalahkan pengunggahnya.
Namun, ini hanya opini saya pribadi. Alangkah baiknya postingan tersebut bisa diperkuat lagi kebenarannya sebelum diunggah.

Adapun dua hal yang saya pikirkan.
Pertama, yang ingin saya lakukan sebagai pengendara. Dan kedua bila saya menjadi petugas.

Pertama, saya sebagai pengendara pengennya suatu saat memasang alat seperti go-pro untuk kendaraan dan CCTV dirumah. Tapi, bila ada dananya.. hehehe πŸ˜€

Kedua, bila saya menjadi petugas.
Tentunya saya akan berhati-hati dalam ucapan maupun tindakan.
Mudahnya mengakses ke media sosial serta dampak viral sangat luas akan menentukan ke arah mana pencitraan saya sebagai petugas. IMHO πŸ˜€

Begitulah pandangan pribadi saya. Bila dihubungkan dengan judul tulisan saya kali ini.
Saya mengajak sobat semua “untuk menjadi pengendara yang pintar” dan membaca tulisan ini dengan bijak.

Semoga masuk akal..

19 thoughts on “Menjadi Pintar dengan Alat Mengabadikan Moment dan Akses Media Sosial

Tinggalkan Balasan

