Sapu Angin Team ITS Surabaya Juara Pertama Shell Eco Marathon Challenge Asia

Assalamualaikum.. Salam Sejahtera..

Sebelumnya Lamik mengucapkan “Selamat Hari Raya Nyepi” bagi sobat yang merayakannya.
Bertepatan dengan hari libur, hari ini fenomena alam, gerhana matahari total terjadi di Indonesia.
Bagaimana dengan daerah sobat? Kalau di tempat Lamik cuaca berawan sehingga penampakan gerhana matahari total tidak bisa dinikmati secara total penampakannya. 😥

Masih membahas artikel tentang otomotif, namun kali ini Lamik bukan membahas roda dua. Keluar dari bahasan utama blog ini, tapi saya mengajak sobat mengetahui salah satu dari sekian banyaknya prestasi anak bangsa di bidang otomotif.

image

image

Satu lagi prestasi membanggakan anak bangsa telah diukir. Tim mobil Sapu Angin Institut Sepuluh November (ITS) Surabaya menjadi juara pertama di ajang Shell Eco Marathon Challenge Asia (SEMA) 2016, Filipina.

Tim Sapu Angin ITS berhasil menjuarai kompetisi mobil hemat bahan bakar SEMA di kategori “Urban Concept Diesel” dengan mencatatkan hasil di angka 250 km/liter. 😯
Seandainya angka tersebut didapat untuk penggunaan bahan bakar harian sepeda motor saya, mungkin saya akan cepat kaya sob.. :mrgreen:

Tim Sapu Angin ITS sudah enam kali ini menjadi juara pertama untuk kategori “Urban Concept” sejak 2010, namun baru kali ini ada kebijakan bahwa juara pertama akan dikirim ke kejuaraan di tingkat Eropa dan Amerika.
Pada 3 Juli nanti mereka akan berangkat ke London untuk kompetisi serupa di tingkat Eropa.

Apa itu Shell Eco Marathon Challenge Asia atau yang biasa disingkat SEMA?
Bgaimana aturannya?
Berikut ulasannya yang saya rangkum dari wikipedia :

Eco-Marathon adalah kompetisi tahunan yang disponsori oleh Shell, dimana peserta membuat kendaraan khusus yang bisa melakukan efisiensi bahan bakar sebesar-besarnya. The Eco-Marathon diadakan keliling dunia dan pernah diadakan di Finlandia, Perancis, Jerman, Belanda, Jepang, Amerika Serikat dan Malaysia. Kegiatan ini juga pernah diadakan di Inggris sampai 2010.

Kompetisi ini diikuti oleh berbagai jenis peserta mulai dari amatir yang tertarik sampai tim perguruan tinggi dan perusahaan kendaraan bermotor dengan berbagai rancangan.

Rekor dunia diperoleh oleh Tim Perancis dari Politeknik Nantes pada tahun 2010 dengan rekor 4.896,1 km/liter pada Shell Eco-marathon Eropa di EuroSpeedway Lausitz.

Tenaga
Terdapat berbagai kelas kompetisi dalam Eco-Marathon, diantaranya: tenaga sel bahan bakar, tenaga bensin, tenaga diesel, dan tenaga LPG. Dalam perkembangannya tahun 2011 dibagi dalam berbagai kelas, diantaranya bertenaga :

Bahan bakar
√Shell FuelSave Unleaded 95 (Eropa dan Asia).
√Shell Regular 87 (Amerika Serikat).
√Petrol/Gasoline (bensin) Shell FuelSave Diesel (Eropa).
√Shell Diesel (Asia dan Amerika Serikat).
√Shell Gas To Liquid (100% GTL).
√(LPG) Fatty Acid Methyl Ester (100% FAME).
√Ethanol E100 (100% Etanol)
√Listrik, Hidrogen Matahari Listrik dinding (“Plug-In” Electric).

Kategori kendaraan
*Kategori Prototipe
Peserta harus membuat kendaraan paling aerodinamis dan paling hemat bahan bakar dengan tinggi maksimal 100 sentimeter, lebar maksimal 130 sentimeter, panjang maksimal 350 sentimeter, berat maksimal tanpa pengemudi 140 kilogram dan berbagai syarat lainnya.

*Kategori Konsep Kota (UrbanConcept)
Peserta harus membuat kendaraan yang mirip dengan model kendaraan yang umum dipakai saat ini. Tinggi antara 100 sampai 130 sentimeter, lebar antara 120 sampai 130 sentimeter, panjang antara 220 sampai 350 sentimeter, berat maksimal tanpa pengemudi 205 kilogram dan berbagai syarat lainnya.

Selamat liburan..

lebih dekat dengan saya ;
email  : restymartha27@gmail.com
phone : 0822 85003321
bbm    : 7CC93A8F

Iklan

18 thoughts on “Sapu Angin Team ITS Surabaya Juara Pertama Shell Eco Marathon Challenge Asia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s