Bikin Wiper Belakang Ala JDM Yang Fungsional

image

Assalamualaikum.. Salam Sejahtera..

Sebenarnya ini trik lama namun karena memang fungsi, Lamik Gemini terakan lagi di Toyota Yaris yang ada di garasi rumah. Kenapa Lamik bilang fungsi? Yaa karena di Jepang pengaplikasian wiper belakang seperti ini untuk menghindari salju yang bertumpung di wiper belakang apabila posisi wiper belakang horizontal seperti wiper belakang yang ada di Indonesia.

Tapi ini kan Indonesia bukan di Jepang yang ada saljunya? Opini Lamik sihh anggap saja untuk menghindari debu agar tidak bertumpuk di wiper belakang. :mrgreen: Terus juga sesuai judul diatas kenapa Lamik sebut fungsional, karena memang wiper belakang tetap berfungsi normal, namun kali ini gerakan wipernya saja yang berbalik arah.. :wing:

Nahh untuk sobat yang ingin mencobanya, berikut Lamik coba kasih tahu caranya :

Pertama-tama buka penutup baut wiper belakang. Terus buka bautnya dan yang perlu diingat, wiper belakang ini harus ditarik ke atas ya sob.. bukan di putar.

image

Nahh selanjutnya sobat buka cover penutup bagian dalam pintu bagasinya. Nanti sobat akan lihat rumahan dinamo penggerak wiper. Cabut soket dan buka bautnya.

image

Setelah dilepas rumahan dinamo wiper, sobat bisa bongkar rumahan dinamonya. Setelah terbuka, sobat buka pengunci tuas penarik wiper. Lalu angkat dan pindahkan posisi tuas penggerak ke posisi lobang yang berlawanan. Gampang kok nanti kelihatan cuma ada dua lubang yang seukuran disana.

Bila sudah selesai, pasang kembali penutup rumahan dinamo alias motor wiper, pasang kembali ke posisi semula. Bila telah selesai, pasang kembali wipernya, namun kali ini posisi wiper belakang harus di posisi berdiri. Jangan lupa tes dulu sebelumnya.

Kini wiper belakang Toyota Yaris di garasi bergaya ala Japan Domestic Market (JDM) tinggal cari emblem Vitz aja nehh..

Oke selamat mencoba ya.. šŸ˜€

Iklan

16 thoughts on “Bikin Wiper Belakang Ala JDM Yang Fungsional

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s