Sosialisasi Safety Riding Capella Honda Kepri Sesuai Dengan Tagline #Cari_Aman Berlanjut Ke Sekolah Kejuruan

Hari kejepit tidak menghalangi tim Safety Riding Capella Honda untuk terus melakukan edukasi ke sekolah-sekolah di wilayah Kepri. Hari Sabtu (15/4) lalu giliran SMK Negeri 5 yang disambangi rombongan Tim Safety Riding Capella Honda bersama wakil dari Komunitas motor Honda MegaPro.
 
Edukasi ini sebenarnya dijadwalkan tanggal 8 April (seminggu sebelumnya), namun disebabkan ada kegiatan lain yang bersamaan waktunya, akhirnya waktu pelaksanaan edukasi diundur menjadi tanggal 15 April 2017.
 
Awalnya Tim ingin agar seluruh siswa dapat mengikuti edukasi ini. Namun saat diberitahukan bahwa jumlah keseluruhan siswa SMKN 5 adalah 1.300 an orang, Tim Safety Riding Capella Honda jadi keder sendiri. Bukan apa-apa, dengan jumlah siswa begitu besar dikhawatirkan edukasi tidak akan efektif. Apalagi yang diedukasi adalah anak-anak remaja. Pengalaman sebelumnya, dimana Tim pernah mengedukasi sebanyak 1.350 orang karyawan dalam satu waktu, yang menyimak paparan edukasi Safety Riding hanya beberapa baris di depan atau sekitar 50% dari keseluruhan peserta. Selebihnya melamun, ngobrol dengan temannya yang lain atau sibuk dengan gadgetnya sendiri-sendiri.
 
Akhirnya disepakati bahwa peserta dipilih dari perwakilan kelas. Sejumlah 70 orang siswa-siswi dipilih mengikuti edukasi ini. Harapannya, setelah edukasi peserta yang hadir dapat menularkan pengetahuan yang didapat kepada teman-temannya.
 
Acara edukasi Safety Riding yang juga menjadi salah satu agenda kegiatan MPC (MegaPro Community) ini bertujuan memberikan pemahaman pentingnya keselamatan berkendara kepada siswa-siswi yang nota bene sebagian telah menggunakan kendaraan bermotor untuk aktivitasnya. Selain juga tidak semua siswa yang menggunakan kendaraan bermotor ke sekolah mengerti tentang etika berkendara. Hal ini terungkap saat seorang siswa ditanya tentang bagaimana menyalip kendaraan lain di depannya, jawaban yang diberikan menunjukkan bahwa sang siswa kurang memahami cara menyalip yang aman.
Pengetahuan dasar seperti bagaimana menyalip yang aman ini penting karena menurut penelitian dengan menahan diri untuk tidak menyalip dapat mengurangi risiko kecelakaan fatal sampai dengan 70%.
 
Ditanya tentang boleh tidaknya seorang pengendara motor ngebut, Instruktur yang juga Supervisor Safety Riding Capella wilayah Kepri Budi Winarto mengatakan hal tersebut boleh saja. Namun ada catatannya yang wajib dipatuhi yaitu : tidak di jalan raya, memakai perlengkapan berkendara yang lengkap serta kondisi dan spesifikasi kendaraan yang digunakan harus sesuai peruntukannya.


 
Kegiatan ini sekaligus juga menjadi ajang sosialisasi tagline Safety Riding baru Honda yaitu #Cari_Aman.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s