Desain Yamaha New Vixion Tidak Seperti R15 Karena Belajar Dari MT25

Source : Julak Sendie Design
​

Ada yang kecewa dengan New Vixion? Wajar saja dikarenakan ekspektasi berlebihan dibanding realita. Kenapa bisa begitu? Yaa karena hasil renderan dengan ekspektasi desain New Vixion akan sama keren dengan New R15. Dengan usaha yang tidak mudah tangan ahli blogger merekayasa desain New Vixion mendekati New R15 tanpa Fairing, hal tersebut bukanlah tanpa sebab yaa.. Bocoran bahwasanya New Vixion akan seperti New R15, itu memang betul terbukti. Tapi hanya sebatas mesin dan kaki-kaki yang diaplikasikan ke New Vixion R, jadi renderan blogger tidak salah sob hanya pengartian saja yang berbeda.

Lalu kenapa PT. Yamaha Motor Indonesia Manufacturing (YIMM) tidak serta merta menerapkan desain New R15 ke New Vixion? Tulisan berikut ini murni analisa Lamik Gemini, bukan bertanya kepada Bapak Mohammad Abidin yang menjabat sebagai General Manager After Sales & Public Relation PT.YIMM saat ada kesempatan bertemu di Sunday Race Sentul dan IIMS beberapa waktu yang lalu.

PT. YIMM mungkin telah belajar dari MT-25, naked sport 250cc dengan basis sama dengan R25. Namun bedanya di genre dan desain, MT25 naked sedangkan R25 fairing. Lalu? Hasilnya penjualan MT25 tidaklah sebagus R25. Mungkin dengan harga yang tidak terlalu jauh, konsumen dikelas 250cc lebih menyukai R25 dibanding membeli MT25. Yang mana konsumen dikelas ini merupakan konsumen ekonomi menengah hingga menengah keatas, uang mereka punya bahkan bisa dibilang tidaklah sedikit. Dengan strategi pilihan harga yang ditetapkan Yamaha, selisih harga sepertinya dianggap bukanlah masalah untuk konsumen kelas ini. Tentu R25 lebih memiliki prestise lebih dibanding MT25, dukungan fairing lebih mengena untuk effect moge look. IMHO

Lalu apa hubungannya dengan New Vixion? Tentu hasil penjualan MT25 ditakutkan akan menular kepada New Vixion apabila memakai garis desain New R15 atau PT.YIMM nekat menjual MT15, di kelas 150cc ini mereka mempunyai Xabre yang sebagai pelengkap jajaran (line up) produk sport 150cc. Sebagai pelengkap tentu hasil penujualannya tidak akan sebagus Vixion. Kenapa bisa begitu?

Market(pasar), kegunaan, desain serta fitur, juga harga adalah faktor kunci sukses pabrikan merasakan gurihnya keuntungan di kelas naked sport 150cc. 10 ribu unit/bulan bisa dijual kepada konsumen.

Markey

Pasar dikelas 150cc ini kebanyakan konsumennya adalah kelas ekonomi menengah hingga bawah.

Kegunaan

Motor naked sport yang dimiliki haruslah multi fungsi, bisa untuk keluarga, kerja, nongkrong sampai touring.

Desain dan Fitur

Bila menggunakan desain jok split seat seperti New R15 banyak yang meyakini kurang nyaman untuk membawa keluarga, walaupun inti tujuan pabrikan dan peraturan pemerintah sudah jelas demi keamanan maksimal beban motor adalah 2 orang (hanya satu orang penumpang/boncenger). Tapi beginilah wajah biker Indonesia.. jadilah jok model sambung (jok tandem) lebih digemari dan lebih laris daripada jok terpisah.

Harga

Penempatan harga ini yang membuat bingung pabrikan apabila melepas produk naked dan fairing ke pasaran dengan basis yang sama. Walau cuma beda di fairing, genre dan ergonomi, selisih biaya produksi tidak terlalu signifikan. Sedang kelas naked sport 150cc adalah konsumen yang melirik produk di harga 20-30 juta, lebih dari 30 juta, alamat ditinggal. Lebih baik menjaga harga dibawah 30 juta agar tetap diminati calon konsumen. Kalau New Vixion dibuat seperti New R15, mau dijual berapa? dibawah 30 juta, bakal membuat konsumen lebih memilih New Vixon dibanding R15. Diatas 30 juta, bakal senasib seperti Xabre.

Ngotot tetap menjual MT15 dengan strategi naked lebih murah dari fairing? Ongkos produksi, akomodasi tetap jalan. Gaji karyawan tetap dibayar, lalu penjualan MT15 tidak bagus apa sobat mau menanggung itu? Hahahahaa

Seharusnya naked atau fairing disamakan saja harganya, semua fitur fairing harus tetap dibenamkan ke naked. Tapi, berikan kelebihan di naked. Bisa saja double front disc brake+ABS, atau throttle by wire+keyless system. Jadi biarkan konsumen memilih dengan hati tenang. Sayangnya New R15 sudah menganut suspensi depan Upside down kalau tidak, biarkan New R15 sok depan teleskopik dan MT15 lah yang diberikan Upside Down. Namun baik MT15  atau New R15 dibanderol dengan harga yang sama.

Atau YIMM mau melakukannya di Next MT25 dan R25? Who knows? Awas kecolongan ide dan didahului pabrikan kompetitor.. hahahayy

See you πŸ™‚

Iklan

7 thoughts on “Desain Yamaha New Vixion Tidak Seperti R15 Karena Belajar Dari MT25

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s